BerandaFinansialJenis-Jenis Pekerjaan Paling Menjanjikan di Bidang Jasa Keuangan

Jenis-Jenis Pekerjaan Paling Menjanjikan di Bidang Jasa Keuangan

Seperti yang kita ketahui bahwa karir di industri jasa keuangan saat ini sangatlah menjanjikan.

Hal tersebut dikarenakan model dari bisnis yang bergerak di industri ini terus mengalami perkembangan sehingga hal tersebut berdampak pada kebutuhan tenaga kerja yang makin tinggi dari waktu ke waktu.

Oleh karena itulah tidak mengherankan jika para pelamar kerja memiliki minat yang cukup besar untuk berkecimpung di dalam industri jasa keuangan.

Bagi para pelamar kerja fresh graduate tenaga front office seperti misalnya customer service, teller maupun sales akan sangat diminati oleh mereka.

Industri jasa keuangan saat ini telah mengalami banyak pergeseran utamanya dari sisi bisnis dan teknologi.

Baca juga: Mengenal Jenis-Jenis Reksadana

Telah banyak industri ini mulai menggunakan sistem digitalisasi.

Oleh karena itu perlahan tenaga front office atau pun bidang-bidang pekerjaan yang melibatkan proses manual, nantinya akan mudah untuk digantikan perannya oleh mesin.

Untuk Anda yang ingin memulai karir sebagai tenaga front office, hal itu sah-sah saja, namun untuk jangka panjang sebaiknya karir tersebut mulai dipikirkan kembali.

Anda perlu mempelajari konsep bisnis dengan utuh sehingga dapat terjun ke bidang pekerjaan lain yang jauh lebih menjanjikan.

Meskipun dibutuhkan usaha dan waktu hingga akhirnya Anda mampu untuk menguasai.

Berikut ini merupakan bidang-bidang pekerjaan di bidang jasa keuangan yang cukup menjanjikan.

Apa Saja Jenis – jenis Pekerjaan Paling Menjanjikan di Bidang Jasa Keuangan?

Manajemen Risiko

Yang pertama yaitu manajemen risiko. Bidang yang satu ini diperlukan selain karena memang industri jasa keuangan tergolong memiliki resiko tinggi, hal tersebut juga diharuskan oleh pihak otoritas berwenang.

Aspek manajemen risiko mulai dilakukan dari perbankan dan pada akhirnya saat ini meluas pada sektor-sektor lain.

Saat ini pasar modal, asuransi serta jasa keuangan lain mulai getol merekrut pekerja yang mampu membuat sebuah kerangka manajemen resiko untuk bisa diterapkan.

Tugas utama dari manajemen resiko yaitu melakukan proses pemetaan serta aktivitas bisnis yang kemudian akan disusun dalam sebuah kerangka utama.

Baca juga: 4 Keunggulan Reksadana Saham

Mereka akan mengukur risiko seperti apa yang bisa diterima dan dapat dimitigasi sehingga kerugian yang akan terjadi tidak akan membuat bisnis mengalami kerugian besar.

Ruang lingkup yang dimiliki oleh manajemen resiko sangatlah luas, bahkan pada prakteknya harus berjalan dengan unit bisnis lain.

Karena pihak yang mengerti betul resiko terkait merupakan pihak pelaksanaan di tiap-tiap unitnya.

Unit manajemen resiko memiliki peranan untuk menarik kesimpulan serta memetakan, yang kemudian memberikan rekomendasi yang memang diperlukan.

Hard skill yang dibutuhkan oleh seorang yang berkecimpung dalam bidang manajemen risiko yaitu kemampuan dalam menganalisis data, proses serta aktivitas bisnis dan juga menyampaikan rekomendasi agar nantinya dapat dimengerti dan diterapkan di dalam perusahaan ataupun organisasi.

Marketing

Bidang pekerjaan di jasa keuangan berikutnya yang juga menjanjikan yaitu bagian marketing.

Sejak awal sebuah perusahaan berdiri tentunya akan membutuhkan bagian marketing.

Perlu Anda pahami bahwasannya marketing di sini bukan hanya mengenai penjualan namun cakupannya lebih luas lagi.

Tenaga marketing dari bidang penjualan akan selalu dibutuhkan karena merekalah yang nantinya akan berhadapan dengan para investor, nasabah dan customer.

Marketing nantinya akan menawarkan jasa maupun produk kepada klien.

Baca juga: 3 Keunggulan Investasi Emas

Keuntungan perusahaan tergantung pada tingkat keberhasilan yang dicapai oleh seorang marketing tersebut.

Namun kiprah seorang tenaga penjualan tidak akan bisa berjalan sendiri karena memang membutuhkan proses marketing yang cukup matang dari sejak awal.

Sisi development product dari unit produk juga sangatlah penting. Keberadaan produk berikut fitur harus mampu menarik minat para klien.

Marketing juga perlu untuk memperhatikan perkembangan yang terjadi di pasar mengenai trend persaingan.

Hal tersebut bertujuan agar produk serta model bisnis tidak kalah bersaing dari jasa maupun produk serupa yang ditawarkan oleh kompetitor.

Hard skill yang dibutuhkan oleh seorang tenaga marketing yaitu kemampuan dalam menjalin relasi yang baik serta komunikasi dengan para pelanggan.

Hal tersebut sangatlah krusial terutama bagi mereka yang berada di tim penjualan.

Sementara untuk unit-unit pendukung di sini dibutuhkan pengetahuan mumpuni terkait fitur produk serta analisis perkembangan industri.

Data Analyst

Business intelligence concept. Big data analytics, chart and graph icons and female hands typing on laptop.

Ketika memasuki zaman big data seperti sekarang, segala sesuatu sangatlah mengandalkan data agar nantinya keputusan bisa ditentukan dengan benar dan tepat.

Hal tersebut berangkat dari pertimbangan inventarisasi keberadaan data perusahaan.

Kemampuan yang dimiliki oleh seorang data analyst diharapkan dapat membantu perusahaan menentukan arah bisnis menggunakan data yang dikelolanya.

Data analyst mencakup kegiatan antara lain seperti mengolah data, mengumpulkan data hingga bersih dan dimengerti oleh para pengguna.

Baca juga: Jenis Investasi Paling Populer di Indonesia

Selain itu juga memberikan rekomendasi sebagai bahan penunjang bagi kebijakan yang nantinya akan ditentukan.

Hard skill yang dibutuhkan oleh seorang data analisis yaitu kemampuan dalam mengoperasikan perangkat pengolah data seperti misalnya SQL dan lain sebagainya.

Apa yang Dimaksud dengan Compliance?

Compliance

Bidang selanjutnya yaitu compliance. Di dalam industri jasa keuangan yang begitu padat dengan segala aturan-aturan yang berlaku, maka di sini dibutuhkan pihak yang mampu memastikan apakah aturan-aturan tersebut dapat diterapkan di dalam suatu perusahaan.

Hal tersebut diperlukan karena jika unit bisnis dipaksa harus mematuhi begitu saja tiap aturan yang dibuat, maka tentu hasilnya akan sia-sia saja.

Kehadiran compliance juga diharuskan oleh regulator sebagai penengah dalam lingkungan internal agar segala macam aturan dari regulator dapat diterjemahkan dengan lebih baik dalam lingkup perusahaan.

Baca juga: Pentingnya Memiliki Dana Darurat

Compliance juga bertanggung jawab untuk masalah kualitas penerapan dari aturan tersebut.

Compliance akan menjadi pusat informasi berbagai macam aturan terkait bisnis serta aktivitas perusahaan.

Karena jika terdapat pelanggaran pihak otoritas nantinya akan memberikan sanksi.

Hard skill yang dibutuhkan oleh seorang complience yaitu mampu memahami peraturan serta bahasa hukum, sehingga dapat disampaikan kepada para pihak internal.

Compliance juga harus memiliki kemampuan dalam mencari informasi peraturan yang dapat diterapkan atau tidak dapat diterapkan nantinya di dalam suatu perusahaan.

Business Analyst

Bidang yang selanjutnya ini juga masih memiliki kaitan dengan pengembangan bisnis, yaitu bidang bisnis analis.

Bisnis analisis adalah sebuah posisi dari bagian aktivitas bisnis serta tata kelola proses agar dapat berjalan lebih optimal dan baik.

Utamanya dari aktivitas proses internal yang mana harus terintegrasi sehubungan dengan adanya perbaikan sistem ataupun perubahan.

Seseorang yang berkecimpung dalam bidang bisnis analis perlu memiliki kemampuan untuk membaca serta mengartikan keberlangsungan proses bisnis sebelum akhirnya terdapat perubahan.

Baca juga: Cara Mengatur Keuangan dengan Baik

Seorang analis bisnis juga perlu untuk mencari keunggulan serta titik lemah dari setiap proses bisnis.

Hard skill yang dibutuhkan untuk bidang ini yaitu memiliki kemampuan analisis dari setiap proses serta memberikan rekomendasi

Itulah tadi beberapa jenis pekerjaan yang memiliki prospek bagus di bidang jasa keuangan.

Bagi Anda yang tertarik untuk terjun dalam industri tersebut maka bisa memilih salah satu dari salah satu jenis pekerjaan yang telah diulas di atas.

Daftar AJAIB Investasi DISINI

ajaib investasi
Artikel Terkait

Tinggalkan balasan

Berikan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Paling Populer